HUBUNGI KAMI : (0401) 322908, 324456

Bidang Kesehatan Masyarakat

Seksi Pelayanan Kesehatan

Tugas

Mempunyai tugas pokok melaksanakan penyiapan bahan, merencanakan dan melaksanakan pembinaan dan pengembangan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, dan tenaga kesehatan serta pengawasan dan pembinaan upaya pelayanan kesehatan dasar dan rujukan.

fungsi :

  1. Merencanaan pembinaan teknis, pengawasan, pengembangan dan Peningkatan Mutu Rumah  Sakit dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama  (FKTP) serta peningkatan Pelayanan Dasar dan Rujukan lainya.
  2. Menyiapkan bahan koordinasi, informasi program pelayanan kesehatan dasar dan rujukan.
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan penilaian dan pengendalian program pengembangan kesehatan dasar (FKTP) melalui penilaian kinerja Puskesmas sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Menyiapkan bahan perumusan dan Penetapan Pedoman, Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria dibidang pengelolaan dan pelayanan kesehatan dasar (FKTP) dan rujukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program Indonesia Sehat pendekatan keluarga (PIS PK) di fasilitas pelayanan kesehatan dasar (FKTP).
  6. Pelaksanaan, pembinaan dan pengawasan kesehatan tradisional komplementer.
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Seksi Kefarmasian, Alkes dan PKRT

Tugas

Menyusun rencana teknis, program pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pelaksanaan pekerjaan di Bidang Kefarmasian, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga..

 Fungsi:

  1. Pelaksanaan kebijakan, pedoman dan bimbingan pelaksanaan urusan di Bidang Kefarmasian, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga.
  2. Penyusunan rencana pembinaan dan rencana kegiatan operasional pelaksanaan urusan di Bidang Kefarmasian, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga.
  3. Pengkoordinasian rencana pembinaan dan rencana kegiatan operasional pelaksanaan urusan di Bidang Kefarmasian, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga terhadap satuan kerja atau lembaga lain yang terkait.
  4. Penerbitan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga ( SPP-IRT ).
  5. Penerbitan sertifikat perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT).
  6. Pemberian Rekomendasi Teknis Izin Pedagang Besar Farmasi ( PBF ) cabang dan Penyalur Alat Kesehatan ( PAK ) cabang, Apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan dan optikal.
  7. Pelaksanaan rencana pembinaan dan rencana kegiatan operasional di Bidang Kefarmasian, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga..
  8. Pengawasan keamanan pangan jajanan anak sekolah (PJAS).
  9. Pemantauan, evaluasi dan pembuatan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan urusan Pemerintah Daerah di Bidang Kefarmasian, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga secara berkala.
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan SDK baik di dalam maaupun di luar organisasi.

 

Seksi Sumber daya manusia Kesehatan

Fungsi

  1. Registrasi dan sertifikasi berupa Penerbitan izin Praktek ( SIP ) tenaga Kesehatan sesuai peraturan perundang – undangan.
  2. Penerbitan surat Rekomendasi untuk pembuatan Surat Tugas Dokter Spesialis yang telah memiliki 3 SIP ( Surat Ijin Praktek ),
  3. Penerbitan Surat Keterangan bagi tenaga kesehatan yang belum memiliki atau sedang dalam proses pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) dari Majelis Tenaga Kesehatan professional Indonesia (MTKPI).
  4. Registrasi dan sertifikasi tenaga penyehat tradisional ( STPT ),
  5. Pengawasan dan pembinaan SIP Nakes yang ada di rumah sakit pemerintahan, rumah sakit swasta, puskesmas, dan di sarana kesehatan lainnya seperti apotik, klinik kesehatan,klinik kecantikan, pijat refleksi dan laboratorium.
  6. Pelaksanaan Diklat fungsional dan pendidikan Pelatihan lainnya dalam rangka peningkatan kapasitas dan mutu sumber daya manusia kesehatan,
  7. Pelaksanaan program dokter interensip
  8. Registrasi, Pengawasan dan Pembinaan tukang gigi,
  9. Pengawasan dan Pembinaan tenaga penyehat tradisional (STPT),
  10. Pelaksanaan program percepatan pendidikan dan program beasiswa PPSDM,
  11. Pelaksanaan penilaian Nakes Teladan,
  12. Menyusun dokumen deskripsi Sumber daya manusia kesehatan dan dokumen perencanaan kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kota Kendari,
  13. Melaksanakan tugas tambahan lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
Tutup Menu